Perlukah Pemberian BLSM Sebagai Pengganti Kenaikan Harga BBM?

Posted: June 19, 2013 in ekonomi, Renungan

Setelah sekian lama mengambang tanpa ada kejelasan, akhirnya hasil rapat sidang paripurna resmi memutuskan bahwa harga BBM per liter akan naik.Salah satu opsi yang diberikan oleh pemerintah sebagai pengganti kenaikan harga BBM adalah pemberian BLSM bagi rakyat yang tidak mampu.

Jika saya melihat dari kacamata saya sebagai masyarakat awam, pemberian BLSM bukanlah solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah kenaikan harga BBM. Ada baiknya pemerintah memikirkan solusi lainnya untuk mengalihkan anggaran untuk BLSM menjadi subsidi dalam bentuk yang lain.
Pemberian BLSM kepada masyarakat tidak mampu selama 6 bulan dengan jumlah nominal hanya sebesar Rp. 150.000,- per kepala keluarga saya rasa tidak akan berdampak signifikan.Coba bayangkan berapa kenaikan inflasi yang terjadi dibandingkan jumlah BLSM yang diterima oleh masing-masing keluarga, sangat tidak sebanding.

Selain itu, masyarakat Indonesia terkenal sangat konsumtif.Bukan tidak mungkin anggaran BLSM yang harusnya digunakan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, malah digunakan untuk sesuatu hal yang bersifat konsumtif.Seperti membeli televisi, handphone baru, atau bahkan baju baru.Belum lagi, kemungkinan terjadinya kasus seperti saat pemberian BLT di tahun 2005 dan 2008, dimana pembagian BLT tidak merata. Ada masyarakat yang dapat, ada juga yang tidak dapat.

Ada baiknya jika pemerintah mengkaji ulang mengenai pemberian BLSM yang sifatnya temporer selama 6 bulan saja. Menurut pandangan saya akan lebih efektif dan bermanfaat apabila anggaran untuk BLSM digunakan untuk sesuatu yang bersifat jangka panjang, bukan jangka pendek. Seperti penambahan subsidi pendidikan bagi masyarakat tidak mampu, perbaikan fasilitas pendidikan, pembangunan daerah tertinggal atau hal lainnya.

-RZ-

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s